http://harunarcom.blogspot.com/

Abu Nawas Menaklukkan Gajah


Abu Nawas Menaklukkan Gajah

Pada suatu hari Abu Nawas sedang berjalan-jalan, bersantai, menikmati keindahan alam. Di tengah perjalanan, ia melihat banyak orang bergerombol. Ia pun menhampiri kerumunan orang itu dan bertanya kepada salah seorang .

Abu Nawas          :    "Ada kerumunan apa sih di sana itu? "
Warga                  :    "Ada pertunjukan keliling dengan permainan seekor gajah yang ajaib,"
Abu Nawas          :    "Apa maksudmu dengan gajah ajaib itu? ".
Warga                  :    "Gajah itu hanya tunduk kepada tuannya saja, dan lebuh menakjubkan lagi, gajah itu mengerti bahasa manusia, ".

Penjelasan dari warga itu membuat Abu Nawas semakin tertarik dan penasaran. Ia ingin sekali turut nonton menyaksikan keajaiban hewan raksasa itu.

Ow rupanya sedang ada sayembara yang isinya siapa yang bisa memerintah gajah itu mengangguk akan diberi hadiah uang segepok.

Sang pemilik gajah dengan rasa bangga menawarkan hadiah yang cukup besar bagi siapa saja yang mampu membuat gajahnya mengangguk-angguk. Karena ia yakin bahwa gajah itu hanya patuh kepada pemiliknya.

Penonton yang kepingin ikut mencoba satu persatu maju mencari peruntungannya. Mereka berusaha dengan berbagai cara untuk membuat gajah itu mengangguk-angguk, namun belum ada seorang pun yang menang.

Abu Nawas semakin penasaran akhirnya mendaftar mengikuti sayembara tersebut.
Kini giliran Abu Nawas yang maju menghadapi gajah ajaib itu.

Tepat di depan gajah itu, Abu Nawas bertanya,
"Tahukah kamu, siapakah aku ini?"
Si gajah itu lansung menggeleng-gelengkan kepalanya.

"Apakah kamu tidak takut kepadaku?" tanya Abu Nawas lagi.
Namun gajah itu tetap menggeleng-gelengkan kepalanya.

"Apakah kamu takut kepada tuanmu? "tanya Abu Nawas lagi memancing.
Gajah itu mulai ragu, dia hanya diam saja.

"Bila kamu tetap saja diam, baik, akan aku laporkan kepada tuanmu, "ancam Abu Nawas.
Gajah tetap menggeleng-gelengkan kepalanya.

"Oke, aku beri petanyaannya sekali lagi, apakah kamu takut kepada tuanmu? "tanya Abu Nawas sekali lagi.

Akhirnya gajah ajaib itu mengangguk-anggukkan kepalanya berulang kali. Tak pelak seluruh penonton bersorak sorai melihat kejadian ini.

Atas keberhasilan Abu Nawas yang membuat gajah itu mengangguk-angguk, maka dia mendapatkan hadiah berupa uang segepok.

Sang pemilik gajah merasa sedih, mengapa gajahnya mudah sekali dikelabui Abu Nawas. Ia menyesali sikap kesombongannya dalam kemampuan melatih gajah ajaib itu.

Abu Nawas tampaknya mengerti akan keadaan itu, makanya Abu Nawas hanya minta sebagian hadiahnya saja. sedangkan yang sebagian lagi dikembalikan kepada sang tuan gajah, .

Pertunjukan bubar. Abu Nawas melanjutkan perjalanan pengembaraannya. Di tengah perjalanan Abu Nawas berfikir, dan berkata dalam hatinya, “untuk apa uang sebanyak ini ya.... rasanya aku belum butuh banget”.

Ketika memasuki sebuah kampung, ia melihat banyak orang bergerombol lagi, tetapi bukan orang yang sedang menonton pertunjukan, melainkan orang-orang yang sedang bergotongroyong membangun sebuah mushola.

Tergerak hati Abu Nawas untuk menymbangkan uang hasil sayembara tadi untuk membantu pembangunan mushola kampung itu. 

Orang-orang kampung itu merasa senang sekali, namun mereka bertanya-tanya siapakah sebenarnya orang miskin yang dermawan itu ??? Mereka tidak tahu kalau itu Abu Nawas ..................... Demikian salah satu kisah Abu Nawas yang bisa menaklukkan gajah ajaib.

Sumber : http://kisahpetualanganabunawas.blogspot.com/

ARTIKEL TERKAIT: